Rabu, 27 Oktober 2010

MODEL DAN KONSEP KEPERAWATAN

wahdaniah.ns.com
PENDAHULUAN
Profesi keperawatan berkembang karena tuntutan masyarakat serta perubahan kebutuhan perawatan kesehatan dan kebijakan. Keperawatan berespons dan beradaptasi terhadap perubahan, meemenuhi tantangan baru yang timbul. Perkembangan ilmu keperawatan, model konseptual, dan teori merupakan aktivitas berfikir yang tinggi.
Keragaman dari teori keperawatan, memberikn pemahaman bagi peserta didik masuk kedalam perawatan klien, membuka wawasan pengetahuan dan menstimulasi penemuan intervensi keperawatan yang baru. Kekuatan dari praktek keperawatan terletak pada keragaman dari perawata itu sendiri, pengalaman, komitmen dan profesi analismenya (Levine, 1995).
Defenisi dan teori keperawatan dapat membantu perawat dalam memahami bagaimana peran dan tindakan keperawatan yang sesuai dengan keperawatan.
A.  PENGERTIAN
1.      Ilmu Pengetahuan
Adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan –pengetahuan dari sejumlah orang yang dipadu secara harmonic dalam bangunan  yang teratur. (Sutrisno Hadi)
2.      KOnsep
Merupakan suatu ide dimana terdapat kesan yang abstrak yang dapat diorganisisr menjadi symbol-simbol yang nayata
3.      Konsep keperawatan
Merupakan ide untuk menyusun suatu kerangka konseptual atau model keparawatan
4.      Teori
Merupakan sekelompok konsep yang membentuk sebuah pola yang nayata, atau suatu pernyataan yang menjelaskan proses, peristiwa atau kejadian yang didasari oleh fakta-fakta yang telah diobservasi tetapi kurang absolute atau bukti secara langsung.
5.      Teori Keperawatan
Merupakan usaha-usaha untuk menguraikan atau menjelaskan fenomena mengenai keperawatan. Melalui teori keperawatan, dapat dibedakan apakah keperawatan termasuk disiplin ilmu atau aktivitas lainnya. (Barnum,1990).
B.   KARAKTERISTIK TEORI KEPERAWATAN
Teori keperawatan, selain digunakan untuk menyusun suatu model yang berhubungan dengan konsep keperawatan, juga memiliki karakteristik, diantaranya:
1.        Mengidentifikasi  dan didefenisikan sebagai hubungan yang spesifik dari konsep keperawatan
2.        Bersifat ILmiah
3.        Bersifat sederhana dan umum
4.        Memperkaya Body of Knowledge keperawatan melalui riset
5.        Menjadi pedoman dan  peningkatan kualitas praktik keperawatan.
C.   KOMPONEN TEORI KEPERAWATAN
Paradigma Keperawatan
1.      Manuisia
2.      Lingkungan
3.      Kesehatan
4.      Keperawatan
D.  FAKTOR PENGARUH KEPERAWATAN
1.      Filosofi Florence Nigtingale
-       Salah satu pendiri yang meletakkan dasar-dasar teori keperawatan …..mengidentifikasi peran perawat dalam menemukan KDM
-       Terkenal dengan teori lingkungannya
-       Membuat standar pendidikan keperawatan dan standar pelaksanaan Askep yang efisien
-       Membedakan praktek keperawatan pada orang sehat dan sakit
2.         Kebudayaan
-       Dahulu ……Pemberian pelayan keperawatan lebih baik diberiakan oleh wanita….. jiwa yang sesuai  dengan kebutuhan perawat
-       Dahulu…..perawat di bawah pengawasan langsung dokter. Sekarang…mitra
3.      Sistem pendidikan
-       Dahulu…..Sistem dan kurikulum belum jelas
-       Sekarang…. Searah dengan kebijakan RS……pelayanan keperawatan
4.      Pengembangan Ilmu Keperawatan
-       Pengelompokan ilmu keperawatan dasar ….ilmu keperawatan klinik dan ilmu komunitas
-       Terus berkembang…..akan muncul subspesialis dalam ilmu keperawatan
E.   TUJUAN TEORI KEPERAWATAN
Teori keperawatan salah satu bagian kunci perkembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan profesi keperawatan, memiliki tujuan  yang ingin dicapai yaitu;
1.    Diharapkan dapat memberikan alas an-alasan tentang kenyataan yang dihadapi dalam pelayanan keperawatan, baik bentuk tindakan atau bentuk model praktek keperawatan sehingga berbagai permasalahan dapat teratasi.
2.    Membantu para anggota profesi perawat untuk memahami berbagai pengetahuan dalam pemberian berbagai Askep, kemudian dapat memberikan dasar dalam penyelasian masalah keperawatan.
3.    Membentu proses penyelasaian masalah dalam keperawatan dengan memberikan arah yang jelas bagi tujuan tindakan  keperawatan sehingga segala bentuk dan tindakan dapat dipertimbangkan.
4.    Memberikan dasar dari asumsi dan filosofi keperawatan sehingga pengetahuan dan pemahaman dalam tindakan keperawatan dapat terus bertambah dan berkembang

F.    PANDANGAN DARI BEBERAPA AHLI TENTANG MODEL DAN TEORI KEPERAWATAN
Dalam keperawatan, terdapat beberapa model konsep keperawatan berdasarkan pandangan ahli dalam bidang keperawatan, yang memiliki keyakinan  dan nilai yang mendasarinya, tujuan yang hendak dicapai serta pengetahuan dan keterampilan yang ada. Beberapa ahli tersebut, antara lain:
1.    Dorothea Orem
2.    Sister Calista Roy
3.    Virginia Hendarson
4.    Betty Neuman
5.    Jean Waston
6.    King
7.    Peplau
8.    Johnson
9.    Abdellah
10.              Orlando
11.              Roger
12.              Levine
Nightingale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar